#Heart (Hashtag Series Book 6)

#Heart (Hashtag Series Book 6)

B. Arab Bagaimana syarat wajib sholat, syarat sah sholat dan rukun dalam sholat, jelaskan

Bagaimana syarat wajib sholat, syarat sah sholat dan rukun dalam sholat, jelaskan

Syarat wajib salat, syarat sah salah dan rukun salat tertera dibawah ini:

  • Pertama kali yang dijawab dalam soal ini adalah hal yang berhubungan dengan syarat wajib salat diantaranya harus orang yang beragama  Islam, baligh berakal, sampai risalah kepadanya.
  • Kedua untuk jawaban syarat sah salat terdiri atas beberapa aturan berupa menutup aurat, suci dari hadas dan najis, menghadap kiblat, sudah masuk waktu salat.
  • Ketiga mengenai rukun salat yang terdiri atas : niat salat, berdiri tegak, takbiratur ihram, membaca surah alfatiha, ruku', I'tidal, sujud, duduk iftirasyi, duduk tawarru', tasyahud akhir, membaca salawat nabi, membaca salam pertam, Tertib.

Pembahasan :

Makna salat sering diketahui kebanyakan orang untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan terhadap salat dalam beribadah kita harusnya mampu dalam hal fisik, psikis yang ditambahkan dengan adanya pengetahuan agama untuk itulah kita perlu memahami beberapa hal makna salat, rukun salat, syarat-syarat salat itu sendiri untuk itu bila ditinjau dari segi  makna salat diartikan sebagai perwujudan dari doa manusia kepada Allah  SWT untuk terus meminta petunjuk dan kebenaran dalam menjalankan aktivitas kehidupan seperti tugas dan tanggung jawab, takdir baik dan buruk beberapa macam ujian dan urusan agar dipermudah oleh Allah bentuk salat dijadikan pula sebagai pengabdian hambanya pada Allah sebagai pemilik alam semesta. Selanjutnya hubungan tentang syarat wajib salat yaitu langkah pertama sebelum melaksanakan salat yaitu:

  1. Islam hal ini adalah petunjuk dan langkah utama serta paling penting dalam melaksanakan salat, sehingga tidak diwajibkan untuk non muslim melaksanakan salat;
  2. Baligh pada konteks ini diartikan bagi anak-anak usia 2-6 tahun tidak diwajibkan untuk salat namun untuk ajaran pelaksanaan salat kedua orang tua atau orang sekitar diwajibkan untuk mengajarkan anaknya salat sehingga diyakini pada usia 7 tahun anak tersebut sudah terbiasa melaksanakan salat sesuai aturan pelaksanaannya;
  3. Berakal Allah memberikan akal bagi setiap manusia sehingga mampu membedakan hal-hal yang baik dan buruk memahami aturan yang harus dilakukan dan aturan yang berpotensi untuk membatalkan salat untuk itu secara keseluruhan bagi orang yang hilang akal tidak diwajibkan untuk salat;
  4. Telah sampai risalah kepadanya yaitu berupa ajaran, ilmu pengetahuan serta dakwah untuk melaksanakan salat. Salat termasuk kepada rukun Islam kedua yaitu sebagai pondasi kedua dalam rukun Islam menggambarkan pentingnya salat tersebut.

Pembelajaran berikutnya adalah berhubungan dengan syarat sah salat hal-hal yang diyakini salat seseorang dinyatakan sah atau potensi diterima Allah memiliki peluang besar walaupun pada hakikatnya semua amalan yang dilakukan baik itu ibadah salat dan lainnya hanya Allah yang menentukan jumlah pahala diterima atau tidaknya salat tersebut. Adapun syarat sah salat yaitu:

  1. Menutup aurat hal ini telah ditentukan dengan Al-Qur'an dan hadis nabi untuk menutupi aurat dari seorang laki-laki dan perempuan.
  2. Suci dari hadas dan najis dalam rangka ini lebih ditekankan pada kebersihan lingkungan tempat salat, kemudian pakaian atau mukena yang digunakan, kemudian ditinjau juga dari kondisi badan yang juga harus terhindar baik dari hadas besar, hadas kecil, dan najis;
  3. Menghadap kiblat
  4. Sudah memasuki waktu salat dalam Islam banyak aturan pelaksanaan salat hal ini dikarenakan Allah memberikan limpahan cara untuk bertaqwa serta mengabdi kepadanya dengan mengamalkan setiap perbuatan baik untuk itu dalam sehari semalam Allah memberikan salat lima waktu dalam sehari semalam namun diikuti dengan itu Allah juga memberikan ibadah sunah bagi hambanya seperti salat duha dan lain sebagainya dari konteks ini disimpulkan bahwa banyaknya amalan salat yang Allah berikan menjadikan aturan-aturan pelaksanaan salat.

Ilmu yang selanjutnya yang harus di tekankan dalam hal ini adalah memahami rukun salat pada hakikatnya rukun salat berjumlah 13 yaitu jumlah yang harus wajib dilaksanakan ketika kegiatan salat berlangsung mulai dari niat hingga tertib kembali lagi dengan limpahan Rahmat Allah dalam salat juga terdapat sunah salat seperti membaca surah selain surah Al Fatihah dan sebagainya.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang rukun salat https://brainly.co.id/tugas/32510433

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]